Minggu, 14 Mei 2017

SATU KOIN DUA SISI

 CERITA HARI INI

Bismillahi Rahmani Rahim....

Subhanallah...
Alhamdulillah...
Lailahaillallah...
Allahuakbar...
Walahaulawalaquataillabillah...

        Pagi cerah dan bahagia, pasalnya dapat berkah atau apa ya pasnya, nikmat kali.

       Bangun pagi mau mandi ceritanya, eeh si malaikat kecil tiba-tiba bangun langsung tanyain " ayah mana " ?, ya Allaaah, gimana tuh rasanya. Wajarlah saya buka cerita hari ini dengan bertasbih.

        Udah senang rasanya ditanya gitu, harapin tuh anak bangun dari tempat tidur trus meluk saya, alhamdulillah tidur lagi dia,,hahaha.... ternyata.....
cuma absen pagi oleh anak 2 tahun, tembem, ceriwis dan cantik. Ya Allaaah nikmat betul.
    Yang tadi mukaddimah aja, spontan kejadian pagi-pagi.

    Saya tuh udah kepikiran lama ama bahasan ini, ini pun sebenarnya bentuk kritis saya sama sikap dan ucapan beberapa oknum manusia yang terlalu PD.
 
    Ini tulisan saya niatkan untuk mengingatkan oknum-oknum ini, juga untuk saling memperbaiki diri.

    Ini kalimat yang pernah saya dengar, saya lupa dimana dan siapa yang bilang ini...
           " manusia itu,             
            bertindak/bersikap dan 
            berucap/ucapannya sesuai 
            dengan ilmunya. "

      Saya maknai kalimat diatas kayak " satu koin dua sisi" , dalam satu manusia ada dua sisi, baik dan buruk.

       Saya pahaminya begini, ada dua nasehat dalam satu paket kalimat diatas.

    Pertama, nasehat buat diri kita bahwa hati-hati ngomong dan berbuat. Karna orang laen akan menilai kita,omongan yang sudah lepas, sudah milik orang laen. Apalagi ngomongnya tinggi dan hina orang ga ukur diri (ilmunya) pas ngomong dan berbuatnya.

    Ingat, Allah SWT ciptakan tujuh lapis langit, yang berarti diatas langit masih ada langit.

     Sebenarnya kalimat ini " WARNING " buat pribadi kita. Apalagi kita yang muslim, pasalnya ucapan dan tindakan tanpa ukur ilmu atau bahkan tidak tau ilmunya, sampai menyakiti hati orang, pasti di tagih dihari pengadilan.

    Kedua, nasehat buat diri kita untuk saling menghargai. Klo bisa jangan lah suka skak omongan orang lain, apalagi dpan umum hanya karna orang laen salah omongan dan tindakannya. apalagi ada niat riya dan ujub.

        " orang disekitar kita adalah cerminan kita, saya berpesan untuk diri sendiri."


        " wahai diri
Berhati-hatilah berucap dan bertindak
Belajarlah saling menghargai dan mengingatkan. "

   Alhamdulillah...


Allahumma shollialasaidinamuhammad waalasaidina muhammad...

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WARNA - WARNI ?

Bismillahir Rahmanir Rahim... Assalamualaikum....      Postingan yang ini maunya ringan-ringan aja, Mau cerita masalah warna-warni....